Sabtu, 15 Oktober 2016

Mengenang Masa Setahun Lalu



Pertanyaan demi pertanyaan mengalir ketika setahun lalu hendak memilih wahana internsip. Hampir setahun pula semua pertanyaan itu terjawab satu per satu. Tak terasa tinggal kurang dari sebulan lagi selesai masa internsip, sebenarnya sangaaaaat terasa sih, tapi jika kita coba menikmati, alhamdulillah, karena memang akan berlalu dan memang harus dilalui.

Pada umumnya calon dokter internsip akan memilih wahana yang ternyaman, dari segi keilmuan, kerja, fasilitas, dan lingkungan. Ternyata, setelah dijalani, akan lebih mudah memilih ketika kita mengetahui apa yang kita cari. Benar, apa yang kita cari, ingin dapat apa (atau siapa) kita di sana, atau apa tujuan utama kita nanti di sana. Ini akan mempermudah menentukan wahana mana yang kita pilih.

Jika ditanya, 'Apakah tempat kakak internsip recommended?'
Saya akan jawab, 'Apa yang ingin dicari?'

Bukan tidak merekomendasikan, tapi nanti beda ekspektasi karena beda tujuan yang ingin dicapai. Ini yang saya hindari. Misal, teman-teman mencari wahana yang dokter spesialisnya welcome banget, sering sharing, dan nyaman untuk konsultasi, saya dengan yakin menjawab RSUD Taman Husada Bontang adalah tempat yang sangat cocok untuk dokter internsip tipe ini. Tapi, jika teman-teman mencari wahana dengan fasilitas rumah dinas yang dekat dengan RS atau puskesmas, dengan yakin juga saya menjawab, sebaiknya tidak memilih wahana ini.

Nah, pada akhirnya, di setiap fase kehidupan, kembali kita diposisikan untuk memilih. Di mana pun berada, apa pun pilihan kita, semoga pilihan kita semua tepat, sesuai harapan, dan barokah ya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar