Sabtu, 17 Oktober 2015

Bingung? Ada doanya nih!

Suatu ketika Nabi Musa as masuk ke kota Memphis. Beliau mendapati dua orang lelaki yang sedang berkelahi, salah seorang dari golongannya (Bani Israil) dan yang seorang lagi dari pihak musuhnya (kaum Fir'aun). Orang dari golongannya meminta pertolongan kepadanya untuk mengalahkan orang yang dari pihak musuhnya. Lalu beliau meninjunya dan kemudian musuhnya itu meninggal dunia. Beliau menyesal dan menjadi ketakutan berada di kota itu sambil menunggu akibat perbuatannya.

Singkat cerita, ada seseorang dari ujung kota yang memberi tahu Nabi Musa as bahwa para pembesar negeri sedang berunding untuk membunuh beliau karena peristiwa sebelumnya. Seseorang itu menyarankan agar Nabi Musa as keluar dari kota itu. Nabi Musa as mengikuti saran dari seseorang tersebut. Beliau keluar dari kota dengan rasa takut ada yang menyusul atau menangkapnya. Beliau kemudian berdoa untuk keselamatannya. Saat itu Nabi Musa as menuju arah negeri Madyan dan beliau berdoa lagi,

"mudah-mudahan Tuhanku memimpin aku ke jalan yang benar"

Lepas dari sepenggal kisah Nabi Musa as yang tertera dalam Q.S. Al-Qasas: 15-22 tersebut, ternyata doa yang saya kutip di atas bisa dicontoh lho untuk kita yang sedang dalam kondisi bingung. Manusia kan memang selalu dalam kondisi beberapa pilihan yang sering kali membuatnya bingung, bingung memilih, menentukan arah, ataupun bingung-bingung lainnya. Jadi saat bingung, tidak perlu lagi ya ditambah cemas, takut, ataupun gundah gelisah galau gulana, mohon petunjuk Allah swt dan kita coba sama-sama menerapkan doa Nabi Musa as, mudah-mudahan Allah swt memimpin kita ke jalan yang benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar